5 Kesalahpahaman dalam Pemilihan Merek dan Merek Dagang


Dagang

“Kata” atau simbol apa yang akan Anda pilih untuk merek dagang Anda untuk membedakan barang atau jasa Anda dengan yang lain? Pemilihan merek dagang bisa sangat rumit. Tujuannya adalah untuk memilih tanda yang khas dan tidak akan membingungkan serupa dengan tanda orang lain. Pada saat yang sama, Anda menginginkan tanda yang merupakan perisai sekaligus pedang. Ini berarti Anda tidak ingin digugat, tetapi Anda juga perlu kemampuan untuk menegakkan hak Anda sendiri terhadap pihak ketiga yang terlalu dekat dengan taman bermain Anda. Tanda Anda harus dilindungi dan sering kali orang memiliki kesalahpahaman tentang apa yang sebenarnya berarti. Berikut adalah pertanyaan paling umum yang saya ajukan ketika saya menyarankan seseorang untuk mengubah nama.

1. “Jika saya mengubah beberapa huruf saja, bukankah itu cukup berbeda untuk menghindari masalah?”

Tanda tidak dapat didaftar jika menyerupai tanda yang sudah terdaftar. Jika tanda Anda cenderung menyebabkan kebingungan, jangan pilih tanda itu! Misalnya, NUTRASALT ditolak pendaftaran karena kemungkinan akan menyebabkan kebingungan dengan NUTRASWEET. Masyarakat yang mengonsumsi harus mengenali perbedaan antara merek dagang. Ejaan atau perubahan minor yang berbeda juga tidak cukup, karena tanda yang terdengar sama juga dianggap membingungkan. Tes untuk kemungkinan kebingungan mengisi volume keputusan hukum dan risalah. Banyak faktor yang masuk ke dalam keputusan seperti kekuatan tanda, sifat kompetitif barang dan jasa, apakah mereka terkait, dan kelas serta kecanggihan konsumen pendaftaran merek.

2. “Tapi mengapa saya tidak boleh memasukkan nama generik produk saya sebagai bagian dari merek dagang.”

Tidak ada yang dapat merek dagang air kemasan sebagai “H20” atau apel untuk “Apple” karena ini adalah istilah umum untuk produk dan gratis bagi siapa saja untuk digunakan. Istilah umum tidak bisa menjadi merek dagang. Merek dagang harus dapat membedakan apel Anda dari apel pesaing Anda. Tanda harus memberi tahu sumber dan harus menjawab “Siapa sumber produk ini?” Jika seseorang sudah tahu istilah umum untuk produk, tidak ada alasan untuk memasukkan istilah generik sebagai bagian dari tanda saat mendaftar. Misalnya, jangan pilih dan daftar GORGE! KOSMETIK sebagai merek dagang Anda. Sebagai gantinya, daftar hanya GORGE! karena istilah generik harus disangkal dan tidak dilindungi dalam hal apapun. Selanjutnya, Anda tidak membatasi diri hanya dengan kosmetik dan dapat lebih mudah memperluas GORGE! ke produk dan layanan lain.

3. “Tapi mengapa saya tidak bisa mendaftarkan istilah yang menjelaskan barang atau jasa saya?”

Suatu istilah yang bersifat deskriptif tentang tujuan, fungsi atau penggunaan barang yang dimaksudkan tidak dapat didaftarkan dan sangat sulit untuk ditegakkan kecuali Anda dapat membuktikan “memperoleh kekhasan” dari waktu ke waktu. Ini mahal dan tidak mudah dibuktikan. Meskipun semua orang ingin memberi tahu pelanggan apa yang mereka jual, jangan melakukannya dengan merek dagang atau merek. Simpan itu untuk materi pemasaran dan iklan. Sementara sebuah istilah yang sugestif tentang kualitas atau bahan adalah tanda yang kuat, kebanyakan orang langsung melompat untuk menjelaskan. Tanda yang hanya menjelaskan bahan, kualitas, atau karakteristik barang Anda akan diizinkan oleh Kantor Merek Dagang. “PM” untuk obat-obatan malam hari atau “5 menit” untuk lem yang mengering dalam 5 menit adalah contoh tanda deskriptif.

4. “Mengapa saya tidak bisa mendaftarkan nama keluarga saya sebagai tandanya?”

Umumnya, nama keluarga tidak dapat didaftarkan sebagai merek dagang tanpa adanya makna sekunder. Tanda yang sebagian besar adalah nama keluarga dianggap sama dengan tanda deskriptif. “JONES SHOES” akan menjadi contoh dari tanda seperti itu. Ada pengecualian, terutama untuk tokoh masyarakat yang menggunakan nama mereka untuk layanan hiburan atau lokakarya berbicara.

5. “Mengapa saya harus menyelidiki sebelum memilih tanda saya?”

Investigasi adalah kuncinya! Dengan teknologi saat ini, adalah mudah untuk melakukan pencarian awal di Internet untuk melihat apakah tanda yang Anda inginkan sudah digunakan. Anda dapat terlebih dahulu hanya menggunakan mesin pencari, seperti Google, untuk melakukan riset Anda. Misalnya, dalam contoh kosmetik saya di atas saya ingin awalnya menggunakan MECCA Cosmetics. Itu hanya muncul di benak saya untuk beberapa alasan dan saya belum pernah mendengarnya. Namun, saya pergi ke Google untuk memastikan, dan tentu saja Kosmetik Mekah sudah menjadi merek!

Orang tidak boleh berinvestasi ribuan dolar dalam materi iklan dan pemasaran tanpa melakukan pencarian profesional. Pendaftaran merek dagang ada di seluruh 50 negara bagian, serta di Kantor Merek Dagang AS. Banyak domain tidak pernah terdaftar. Hal penting untuk diingat adalah bahwa ini adalah investasi yang bijaksana untuk mengamankan pencarian profesional dan menganalisis hasil dengan bantuan pengacara merek dagang yang memenuhi syarat sebelum membuat pilihan akhir Anda.